POLITIK

KPU Surabaya Terus Merekrut Relawan Demokrasi

Laporan Teguh Ardi Srianto | Sabtu, 25 Januari 2014 | 16:36 WIB
suarasurabaya.net - KPU Surabaya terus merekrut relawan demokrasi untuk menekan tingginya angka golput.

Edward Dewaruci Divisi Pendataan Pemilih dan Peserta Pemilu KPU Surabaya mengatakan, untuk tahun 2013 lalu, KPU Surabaya sudah merekrut 10 orang relawan demokrasi. "Perekrutan itu disesuaikan dengan anggaran yang disiapkan KPU Pusat," jelas Edward, Sabtu (25/1/2014).

Untuk tahun 2014, KPU menyiapkan anggaran hanya untuk 10 relawan demokrasi yang baru. "Mereka nanti akan dibayar tiap bulan antara Rp 300-350 ribu dan akan bekerja di setiap wilayah yang ditentukan," ujar Edward.

Ditambahkan Edward, jumlah 25 orang relawan demokrasi yang dimiliki KPU Surabaya itu, sebenarnya jauh dari ideal karena jumlah ideal relawan demokrasi harus disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sementara untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014, di Surabaya akan ada 5015 TPS yang disiapkan untuk 2.1062.000 pemilih.

"Tenaga relawan demokrasi yang dibutuhkan KPU Surabaya, minimal pendidikan SMA, mampu berkomunikasi dengan baik dan mengajukan surat kesediaanya, langsung diantar ke KPU Surabaya di Jalan Adityawarman," papar Edward.

Sesudah diterima mereka akan ditrainning dulu tentang pokok-pokok demokrasi dan pemilu, sebelum diturunkan ke 31 kecamatan dan kelompok masyarakat lain.

Para relawan demokrasi itu akan bekerja sampai pelaksanaan Pileg 9 April 2014 dan Pilpres 9 Juli 2014. (tas/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.