POLITIK

Debat Pertama Pilkada DKI Bahas Pembangunan Sosial Ekonomi

Laporan Dwi Yuli Handayani | Rabu, 11 Januari 2017 | 17:32 WIB
suarasurabaya.net - Sumarno Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta mengatakan KPU Jakarta mengangkat tema Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta dalam debat pertama calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta yang akan dilaksanakan Jumat lusa di Hotel Bidakara, Jakarta.

"Debat terbuka ini merupakan salah satu media yang difasilitasi KPU sebagai penyelenggara Pilkada untuk membantu masyarakat mengenal dan mengetahui program kerja masing-masing pasangan calon," kata Sumarno dalam konferensi pers di Kantor KPU Jakarta, Rabu (11/1/2017) seperti dilansir Antara.

Dia menjelaskan dari tema itu dielaborasi tiga isu sosial ekonomi meliputi (1) kesenjangan ekonomi, (2) lingkungan, transporasi, tata kota, infrastruktur dan banjir, dan (3) pendidikan, keamanan warga, pendidikan karakter, resolusi konflik dan kehidupan masyarakat Jakarta.

"Seluruh pihak yang terlibat memiliki semangat yang sama dengan menjunjung keadilan dan keberimbangan, baik itu panelis, moderator maupun televisi penyelenggara karena masing-masing telah menandatangani pakta integritas," ujarnya.

Betty Epsilon Idroos Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Sosialisasi menjelaskan debat publik pertama ini akan dibagi ke dalam enam sesi.

Sesi pertama, panelis akan menyampaikan soal ke moderator, sesi kedua dan ketiga, moderator akan memberikan pertanyaan umum.

"Lalu tiap pasangan calon akan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh moderator dan ada bagian sesi tanggapan dari pasangan calon," kata Betty.

Dia menjelaskan untuk sesi keempat dan sesi kelima, pasangan calon akan menyampaikan pertanyaan ke pasangan calon lainnya dan terakhir moderator akan memberikan pertanyaan penutup ke seluruh pasangan calon.

Sesi keenam akan diisi dengan kesimpulan dan ajakan dari pasangan calon ke warga untuk menjaga kegiatan selama masa kampanye.

Debat pertama ini akan dipandu oleh moderator yang telah ditunjuk KPU DKI Jakarta yaitu Ira Kusno yang merupakan jurnalis dan presenter televisi.

Debat akan disiarkan secara langsung oleh tiga stasiun televisi yaitu Net, TV One, dan Jawa Pos TV pukul 20.00 WIB serta direlay oleh tujuh stasiun televisi lainnya.

Debat publik kedua dan ketiga akan dilaksanakan pada 27 Januari dan 10 Februari 2017. (ant/dwi/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.