POLITIK

Aliansi Advokad Dukung KY Periksa Wakil Ketua Mahkamah Agung

Laporan Muchlis Fadjarudin | Kamis, 18 Mei 2017 | 15:40 WIB
suarasurabaya.net - Rizky Sianipar Ketua Aliansi Advokat Muda Indonesia (AAMI) menegaskan kalau AAMI mengapresiasi laporan Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (PBHI Nasional) yang melaporkan Wakil Ketua Mahkamah Agung ke Komisi Yudisial terkait dengan dugaan pelanggaran Kode Etik Hakim terkait dengan pelantikan Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia periode 2017-2019.

"AAMI melihat sejumlah kejanggalan dalam proses pemilihan pimpinan DPD RI, dikaitkan dengan penyumpahan yang dituntun oleh Suwardi selaku Wakil Ketua MA," ujar Rizky dalam siaran Persnya, Kamis (18/5/2017)

Menurut dia, proses pemilihan pimpinan DPD RI tanggal 4 April 2017, penuh kontroversi yang tidak lepas sebagai kekisruhan politik. Keganjilan proses pemilihan hingga pelantikan, dan hadirnya Suwardi yang menuntun penyumpahan, menambah bingung masyarakat, mengingat MA sendiri yang telah mengeluarkan Putusan Nomor 20P/HUM/2017 yang membatalkan peraturan Tatib Nomor 1/2017 sebagai dasar hukum pemilihan dan pelantikan pimpinan DPD tersebut.

"Ada dua keganjilan, pertama soal waktu yang sangat singkat antara proses pemilihan pimpinan DPD RI 2017-2019, dengan kehadiran Suwardi untuk menuntun sumpah jabatan. Kedua, ada pertemuan tertutup di MA pada siang harinya antara Suwardi, Sekretaris DPD RI yang juga melibatkan politisi," kata dia.

Kata Rizky, AAMI sebagai bagian dari penegak hukum menyatakan bahwa MA telah mengingkari putusan nomor 20P/HUM/2017 yang dikeluarkan oleh dirinya sendiri. Kemudian, kehadiran Suwardi patut dipertanyakan, apakah betul mewakili MA secara intitusi atau tidak.(faz/bid)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA