POLITIK

Cak Imin: Reforma Agraria Jangan Sebatas Retorika Politik Jelang Pilpres

Laporan Jose Asmanu | Senin, 17 Juli 2017 | 20:42 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Muhaimin Iskandar (Cak Imin) Ketua Umum DPP PKB, mengingatkan, Reforma Agraria yang menjadi program andalan Joko Widodo, Presiden, jangan hanya sebatas retorika.

Dalam Reforma Agraria ini, Pemerintahan Jokowi akan membagikan sekitar 5,5 juta hektar lahan pertanian kepada para petani. Namun sampai saat ini belum jelas realisasinya.

"PKB sebagai partai koalisi pendukung pemerintah Jokowi dan JK, akan meminta Presiden untuk mensosialisasikan gagasan brilian Pak Jokowi, supaya masyarakat paham, tidak menganggap progam abal-abal untuk hadapi Pilpres 2019," kata Muhaimin ketika membuka diskusi Reforma Agraria, di Graha Gus Dur DPP PKB, Jl Raden Saleh, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Menurut Muhaimin Iskandar, pelaksanaan Reforma Agraria di antaranya sertifikasi atas hak tanah, menjadi bagian penting dalam upaya memperkecil kesenjangan sosial antara miskin dam kaya.

Karena itu, kalau rencana Pemerintahan Jokowi membagikan jutaan hektar lahan pertanian kepada petani terwujud, setidaknya akan meningkatkan kesejateraan petani.

Alasan ini, yang mendorong PKB mengkritisi program Reforma Agraria melalui diskusi yang menjadi rangkaian peringatan HUT ke-19 PKB.

Prof Endriatmo, Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), salah satu nara sumber diskusi, mengapresiasi PKB mengkritisi Reforma Agraria.

Karena yang menjadi sasaran dari Reforma Agraria ini adalah masyarakat petani di pedesaan. Tapi disayangkan sampai sekarang belum banyak petani yang tahu tentang program andalan Jokowi.

Desa memang masih ada, tapi pemulikan tanah sebagian besar bukan milik petani di desa itu tapi milik orang.

Ini bisa dicek tanah di desa sepanjang Pantura, bisa milik siapa. Endriatmo menyebutnya sebagai desa di kala senja, artinya desa yang sesaat lagi akan hilang.(jos/ipg)

Teks Foto:
- Kegiatan Diskusi Reforma Agraria, di Graha Gus Dur DPP PKB, Jl Raden Saleh, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).
Foto: Jose suarasurabaya.net
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.