POLITIK

Kantor Mendagri Diserang, Ini Penjelasan Tjahjo Kumolo

Laporan Fatkhurohman Taufik | Kamis, 12 Oktober 2017 | 11:57 WIB
Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri.
suarasurabaya.net - Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri menyayangkan terjadinya kerusuhan yang terjadi di Kantor Kemendagri, Rabu (11/10/2017). Menurut dia, insiden ini dipicu sengketa pilkada Tolikara.

"Saya sangat menyesalkan. Saya sebenarnya sudah menerima mereka secara langsung sebanyak dua kali," kata Tjahjo usai memimpin upacara Hari Jadi ke-72 Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Tugu Pahlawan, Surabaya, Kamis (12/10/2017).

Menurut Tjahjo, pilkada Tolikara sudah bukan lagi kewenangannya Mendagri. Apalagi hasil dari pilkada juga telah disahkan oleh KPU dan sudah berproses di Mahkamah Konstitusi.

"Kan ndak bisa, ini bukan kewenangan Mendagri, apalagi permintaanya memberikan SK bagi yang kalah dan membatalkan MK. Ini jelas ndak bisa. (Kejadian di kantor Mendagri) menampar wajah saya," kata dia.

Karenanya, dalam kasus ini, Tjahjo minta aparat kepolisian segera mengusut kasus ini. Tahjo juga berharap kejadian ini tidak ditiru oleh daerah lainnya yang sedang bersengketa.

"Mudah-mudahan ini tidak terimbas dengan yang lain. Kalau mereka protes, banyak yang protes ke kami, semua orang boleh masuk, apalai orang daerah. Mereka awalnya masuk ke kantor mau mengadu, sudah dua kali saya terima. Sekarang biar di proses hukum saja," ujarnya.

Sekadar diketahui, sekelompok massa yang protes hasil pilkada Tolikara di Kantor Kemendagri tiba-tiba ricuh dan melakukan pengrusakan kantor, Rabu (11/10/2017). (fik/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.