POLITIK

Parlemen Tanda Tangani MoU Keamanan Dengan Polri

Laporan Muchlis Fadjarudin | Rabu, 14 Februari 2018 | 18:46 WIB
Tiga lembaga masing-masing DPR RI, MPR RI dan DPD RI menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) atau kerja sama keamanan dengan Polri. Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Tiga lembaga masing-masing DPR RI, MPR RI dan DPD RI menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) atau kerja sama keamanan dengan Polri.

MoU digelar di gedung Nusantara III lantai dua. Hadir dalam MoU tersebut masing-masing Bambang Soesatyo Ketua DPR RI, Zulkifli Hasan Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang Ketua DPD RI dan Jendral Tito Karnavian Kapolri.

Bambang Soesatyo menegaskan kalau potensi gangguan di DPR makin meningkat, sehingga kehadiran Polri sangat dibutuhkan.

"Sinergitas dengan Polri sangat dibutuhkan. Sebenarnya sudah lama kita bahas sejak muncul berbagai peristiwa bom bunuh diri," ujar Bambang.

Sementara Tito menjelaskan, kalau peningkatan keamanan anggota dewan memang diperlukan, sehingga orang yang masuk tidak terlalu bebas dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin berbuat jahat.

"Kita tahu DPR adalah rumah rakyat. Tetapi jangan sampai nanti orang bebas masuk, tidak tahunya bawa bom. Tetapi pengamanan di DPR semakin hari semakin baik. Dulu kan bebas sekali orang keluar masuk," kata Tito.

Untuk teknisnya, kata Tito,akan dibicarakan lebih lanjut dengan tim teknis kesekjenan di DPR. Dia mengatakan, MoU ini juga memberi peluang kenaikan pangkat baru untuk anggota Polri, karena akan ada pangkat AKBP atau Kombes bahkan mungkin Brigjen yang bertugas di DPR.

"Tetapi yang jelas, Polri di DPR tidak akan membatasi fungsi lembaga DPR sebagai rumah rakyat," jelas Kapolri.(faz/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.