POLITIK

Gandeng Generasi Muda di Pemilu, KPU Gelar "KPU Goes to Campus"

Laporan Anggi Widya Permani | Senin, 12 Maret 2018 | 12:10 WIB
Arif Budiman Ketua KPU saat melakukan orasi demokrasi dihadapan sejumlah mahasiswa Unair. Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Untuk mendorong partisipasi pemilih muda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar KPU Goes to Campus, yang digelar di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Senin (12/3/2018).

Acara itu dihadiri langsung oleh Arif Budiman Ketua KPU, Eko Sasmito Ketua KPU Jatim, Anya Dwinov sebagai moderator dan Suko Widodo Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair Surabaya.

Arif Budiman Ketua KPU mengatakan sosialisasi tersebut untuk meningkatkan partisipasi pemilih muda dalam Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang. Keterlibatan kampus bagi KPU, kata Arif, menjadi hal yang sangat penting untuk diajak kerja sama, karena karakteristiknya.

"Peran mereka disini menjadi penting. Jumlah pemilih muda, itu sekitar 60-70 juta, dari total jumlah pemilih 193 juta, secara nasional. Menurut saya, mahasiswa termasuk kelompok yang energik, dan selalu punya ide yang banyak. Mudah-mudahan ini tidak berhenti disini saja. Tapi saya harapkan, mereka ikut menginformasikan atau menyebarkan tentang Pilkada Serentak, misalnya lewat tulisan, foto, video dan lain-lain. Supaya tersebar dimana-mana," kata Arif.

Arif menambahkan Goes to Campus ini merupakan salah satu cara KPU, untuk melibatkan masyarakat dalam pemilu. Pihaknya juga menemui beberapa kelompok masyarakat lainnya, seperti kelompok perempuan, kelompok profesi dan berbagai macam asosiasi.

"Nah untuk melibatkan mereka, pertama harus diberi akses yang mudah tentang pemilu. Kami sudah menyediakan itu. Kemudian mereka sudah tidak boleh lagi diajak berfikir dan bekerja dengan cara manual, harus ada terobosan baru. Supaya keterlibatan mereka lebih mudah. Saya harap, mereka yang bergerak jauh lebih cepat untuk menarik minat masyarakat, untuk terlibat di pemilu," kata dia.

Selain Unair, kata Arif, KPU juga melibatkan 17 Perguruang Tinggi lainnya, di Indonesia, untuk melakukan sosialiasi atau menggelar "KPU Goes to Campus", terkait Pilkada Serentak pada 2019 mendatang. (ang/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.