POLITIK

Ketua Bawaslu RI: KPU Jatim Harus Siap Terima Pendaftaran Caleg Sampai Malam

Laporan Denza Perdana | Selasa, 17 Juli 2018 | 15:58 WIB
Abhan Misbah Ketua Bawaslu RI (batik biru) mendatangi KPU Jatim untuk melakukan Supervisi terkait hari terakhir pendaftaran Caleg, Selasa (17/7/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Abhan Misbah Ketua Bawaslu RI berkunjung ke Kantor KPU Jawa Timur untuk melakukan supervisi proses pendaftaran calon legislatif di hari terakhir, Selasa (17/7/2018).

Dia mengatakan, dia datang ke Surabaya untuk meninjau langsung pendaftaran caleg di daerah. Sebab, di pusat, sampai hari ini KPU RI juga masih menunggu parpol yang lain mendaftarkan calegnya.

"Ya, KPU Jatim harus siap menerima pendaftaran caleg ini sampai nanti malam," ujarnya di sela-sela kunjungannya di tenda pendaftaran Kantor KPU Jatim.

Abhan datang didampingi beberapa Anggota Bawaslu Jatim, antara lain Muhammad Amin dan Aang Kunaifi, Ketua dan Anggota Bawaslu Jawa Timur.


Abhan Misbah Ketua Bawaslu RI (batik biru) foto bersama saat kunjungi pendaftaran caleg hari terakhir di KPU Jatim, Selasa (17/7/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net

Abhan mengatakan, pada prosesnya, Bawaslu akan melakukan pengawasan pada proses verifikasi berkas persyaratan pencalonan maupun syarat calon.

"Ini kan baru pendaftaran. Nanti ketika diverifikasi kami akan melakukan pengawasan. Kami akan concern ke pengawasan verifikasi. Saya kira semua lah, semua syarat harus dilengkapi," ujarnya.

Beberapa persyaratan pencalonan yang akan menjadi perhatian, salah satunya, syarat keterwakilan perempuan.

"Itu yang sangat jelas, harus dilengkapi oleh parpol. Memang masih ada keberatan, susah cari caleg perempuan dan lain-lain. Tapi mau tidak mau itu harus dipenuhi," katanya.

Hingga pukul 14.00 WIB, sudah ada empat partai yang mendaftarkan calegnya ke KPU Jatim. Di antaranya Partai Nasdem, Partai Perindo, Partai Golkar, dan PKS.

KPU Jatim masih akan membuka pendaftaran pada hari terakhir ini (17/7/2018) hingga pukul 23.59 WIB. (den/bas/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA