POLITIK

Demokrat Akhirnya Putuskan Dukung Prabowo dan Sandiaga Uno

Laporan Muchlis Fadjarudin | Jumat, 10 Agustus 2018 | 11:43 WIB
E.E. Mangindaan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat dalam jumpa pers di Mega Kuningan. Jumat (10/8/2018). Foto: Fais Fajaruddin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - E.E. Mangindaan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat dalam jumpa pers di Mega Kuningan Kediaman Susilo Bambang Yudhoyono, menyampaikan hasil sidang Majelis Tinggi Partai Demokrat yang memutuskan mendukung Prabowo dan Sandiaga Salahuddin Uno menjadi capres cawapres 2019-2024.

Sebelumnya, kata E.E. Mangindaan Majelis Tinggi Demokrat mengadakan sidang ketiga untuk membahas Pilpres 2019. Sebagaimana diketahui pada 29 Juli membahas adanya 3 opsi dari partai Demokrat, yakni merapat ke kubu Joko Widodo, merapat ke Prabowo, atau opsi lain.

Kemudian pada sidang majelis tinggi partai yang kedua, yang dilaksanakan pada 29 Juli 2018, partai Demokrat mengadakan survei internal yang melibatkan beberapa kader di berbagai tingkatan baik di Dewan Pimpinan Pusat maupun Dewan Pimpinan Daerah, anggota DPR RI dan juga DPRD baik di provinsi maupun kabupaten/kota.

Hasil survei internal menunjukkan 62 persen mendukung Prabowo, dan 38 persen mendukung Jokowi. Atas dasar ini, sejumlah pertimbangan lainnya, E.E. Mangindaan selaku wakil ketua majelis tinggi partai memutuskan untuk melakukan penjajakan koalisi kepada Prabowo Subianto.

"Setelah melakukan beberapa pertemuan dengan pihak partai Prabowo dan partai Gerindra serta partai pengusung lainnya, maka majelis tinggi partai denokrat pada sidang pagi ini memutuskan untuk mengusung calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno," katanya dalam konferensi pers pagi ini.

Di tengah-tengah konferesi pers Partai Demokrat mengusung Prabowo dan Sandiaga Uno, Prabowo datang ke kediaman Susilo Bambang Yudhoyono di Mega Kuningan Jakarta, yang rencananya nanti akan disusul oleh pimpinan-pimpinan partai pengusung dan kemudian dialkukan penandatangan Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional dan Partai Gerindra mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno dan selanjutnya mereka akan menuju kantor KPU untuk mendaftarkan diri.(faz/tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.