POLITIK

Empat Bacaleg Mengundurkan Diri, KPU Jatim Tetapkan 1.573 DCT

Laporan Denza Perdana | Kamis, 20 September 2018 | 22:44 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menetapkan 1.573 Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 2019 mendatang.

Muhammad Arbayanto Komisioner Bidang Teknis KPU Jatim mengatakan, jumlah DCT ini hasil klarifikasi yang dilakukan atas persyaratan calon masing-masing bacaleg.

"Sejak masa pendaftaran, 16 partai politik mendaftarkan 1.670 bacaleg untuk 14 daerah pemilihan. Kami memeriksa dan memberikan status TMS untuk 93 bacaleg," ujarnya, Kamis (20/9/2018).

Seharusnya, DCT yang akan ditetapkan menjadi 1.577 bacaleg. Namun, dalam prosesnya, menjelang penetapan DCT hari ini ada empat orang bacaleg yang mendadak mengundurkan diri.

Arbayanto tidak menyebutkan siapa saja bacaleg yang mundur dan dari partai mana bacaleg-bacaleg itu. Alasan mundurnya bacaleg ini pun belum diketahui.

"Jadi, yang kami tetapkan saat ini jumlahnya 1.573 calon legislatif. Selanjutnya, kami berkewajiban mengumumkan ini ke media massa, tapi sebelumnya pengumuman akan dilakukan melalui website kami," ujarnya.

Caleg yang sudah ditetapkan ini, bilapun ada yang mundur atau dalam kondisi terburuk meninggal, sudah tidak ada kesempatan untuk penggantian caleg lain oleh Parpol.

"Mundur boleh saja. Tapi tidak ada penggantian lagi. Dan ini nanti sudah tidak memperhitungkan lagi kuota 30 persen," ujarnya.

Artinya, bilapun yang mundur adalah calon perempuan tidak akan berdampak pada calon lainnya.(den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.