POLITIK

Aksi Damai di KPU Surabaya, Desak Diskualifikasi Parpol dan Caleg Terlibat Kecurangan

Laporan Anggi Widya Permani | Senin, 22 April 2019 | 15:23 WIB
Sejumlah massa menggelar aksi damai, di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Senin (22/4/2019) untuk mendesak KPU lakukan penghitungan ulang dan diskualifikasi pihak yang lakukan kecurangan. Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sejumlah massa menggelar aksi damai, di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Senin (22/4/2019). Mereka mendesak pihak KPU, agar melakukan penghitungan ulang dan mendiskualifikasi partai politik serta caleg yang terlibat dalam kecurangan.

Susi Susanti Koordinator aksi mengatakan, ada dugaan kecurangan pada pelaksanaan Pemilu 2019. Misalnya, adanya penggelembungan perolehan suara sah dan pengurangan perolehan suara sah. Ini berdasarkan temuan hilangnya beberapa berkas C1 di sejumlah TPS.

"Ada yang kelebihan 1 suara, terus ada yang C1 nya hilang. Kayak di Kecamatan Mulyorejo, di TPS 21, itu berkas C1 nya hilang. Ada kejanggalan C1 hologram tidak ada nama ini, tapi di C1 plano ada. Ada juga selisih, misalnya di daftar 270 orang, tapi di kotak suara ada 271. Nah, 1 ini darimana?" kata Susi.

Atas temuan ini, kata dia, sejumlah massa yang hadir ingin pihak KPU melakukan penghitungan ulang. Dalam hal ini, pihaknya mengaku belum mengetahui pasti apakah ada oknum dibalik temuan kecurangannya itu.


Namun, dia juga ingin pihak KPU menindak tegas apabila memang ada oknum yang bermain curang dalam pelaksanaan Pemilu 2019. "Yang jelas, kami meminta melakukan penghitungan suara ulang," tambahnya. (ang/tin/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA