POLITIK

Komisi II DPR Akan Evaluasi Pemilu Serentak

Laporan Muchlis Fadjarudin | Kamis, 25 April 2019 | 14:52 WIB
Ahmad Riza Patria Wakil Ketua Komisi II DPR RI di gedung DPR, Jakarta, Kamis (25/4/2019). Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Banyaknya permasalahan yang muncul dalam Pemilu serentak 2019, membuat Komisi II DPR akan mengevaluasi sistem ini.

Ahmad Riza Patria Wakil Ketua Komisi II DPR RI mengatakan, permasalahan yang muncul itu diantaranya banyak petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal ketika bertugas termasuk lebih 800 lainnya harus dirawat di Rumah Sakit.

"Pemilu serentak ini pertama kali kita lakukan. Banyak sekali catatannya, termasuk banyak yang meninggal dan sakit karena beban kerja mereka terlalu berat," ujar Ahmad di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Menurut dia, masalah lain yang muncul adalah banyaknya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di beberapa daerah, surat tercoblos di Selangor, Malaysia, dugaan kecurangan dan lainnya.


"Kecurangan itu seperti penggunaan kekuasaan sewenang-wenang. Yang tercoblos di Malaysia itu menguntungkan 01 dan partai tertentu. Makanya saya sudah minta Menlu dan Dubes harus bertanggung jawab," tegasnya.

Ahmad mempunyai beberapa solusi, misalnya Pilpres dan pemilihan DPD RI nanti bisa bersamaan, sementara Pileg diadakan secara terpisah.

"Itu nanti akan kita bahas di rapat Komisi II dan KPU. Rencananya bulan Mei ini atau masa sidang berikutnya," jelasnya.(faz/tin)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.