POLITIK

Kepala Negara Sahabat Ucapkan Selamat kepada Jokowi Presiden RI 2019-2024

Laporan Farid Kusuma | Minggu, 20 Oktober 2019 | 12:00 WIB
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri memberikan keterangan terkait pertemuan sejumlah kepala negara sahabat dengan Joko Widodo Presiden, Minggu (20/10/2019), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Minggu (20/10/2019) menerima kunjungan kehormatan sejumlah kepala negara sahabat, di Istana Merdeka, Jakarta.

Acara courtesy call itu dilaksanakan beberapa jam sebelum Jokowi dan Ma'ruf Amin mengucapkan sumpah jabatan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Sultan Hassanal Bolkiah Sultan Brunei Darussalam, Scott Morrison Perdana Menteri Australia, Lee Hsien Loong Perdana Menteri Singapura, Hun Sen Perdana Menteri Kamboja, dan Mswati III Raja dari Kerajaan Eswatini.

Usai pertemuan, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri mengungkapkan, para kepala negara sahabat itu datang dan menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi sebagai Presiden periode lima tahun ke depan.


Sultan Brunei, PM Australia, PM Singapura, PM Kamboja, dan Raja Eswatini yakin pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin membawa Indonesia lebih baik.

Kemudian, para pemimpin pemerintahan negara sahabat tersebut menyampaikan komitmen untuk memperkuat kerja sama bilateral dengan Indonesia.

"Pak Jokowi tadi menyampaikan terima kasih kepada para tamu yang datang dari jauh untuk menyaksikan pelantikan. Pak Presiden juga sampaikan komitmen Indonesia untuk memperkuat hubungan bilateral," ucap Menteri Luar Negeri, di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Lebih lanjut, Retno Marsudi menyebut, Sultan Brunei menyampaikan terima kasih atas kontribusi Warga Negara Indonesia yang jumlahnya cukup banyak di Brunei, dalam rangka memperkuat hubungan ekonomi.

Lalu, Jokowi membahas tindak lanjut sejumlah kerja sama bidang ekonomi dengan Lee Hsien Loong PM Singapura, salah satunya terkait ekonomi digital.

Dengan Hun Sen PM Kamboja, ada komitmen untuk memperkuat kerja sama ekonomi. Pada kesempatan itu, Pemerintah Indonesia menawarkan produk industri strategis salah satunya produk kereta PT INKA.

Sementara itu, Raja Eswatini manyampaikan keinginan memperkokoh hubungan kerja sama. Jokowi Presiden mengungkapkan ketertarikan pada pembangunan infrastruktur.

Tapi, sekarang masih terjadi pembicaraan intensif Pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Eswatini terkait kerja sama perusahaan percetakan untuk mencetak dokumen negara.

Sedangkan pertemuan dengan Scott Morrison PM Australia tidak dijelaskan oleh Menteri Luar Negeri, karena pertemuan dengan Jokowi berlangsung empat mata.

Seperti diketahui, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, siang hari ini akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Upacara pengambilan sumpah jabatan bertempat di Gedung DPR/MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta Pusat. (rid/iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.