POLITIK

Joko Widodo-Ma'ruf Amin Sah Menjadi Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024

Laporan Muchlis Fadjarudin | Minggu, 20 Oktober 2019 | 18:53 WIB
Joko Widodo dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah sah menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Ini setelah MPR RI menggelar sidang paripurna pelantikan keduanya di gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI didampingi sembilan wakilnya memimpin jalannya sidang pelantikan ini.

Sidang paripurna sendiri dihadiri 689 anggota dari total 711. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pidato pembukaan dan pembacaan keputusan KPU, maka dilanjutkan pengucapan sumpah presiden terpilih yakni Joko Widodo.


"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban sebagai Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Joko Widodo saat mengucapkan sumpahnya.

Setelah Joko Widodo mengucapkan sumpah, dilanjutnya berikutnya sumpah yang sama oleh Ma'ruf Amin Wakil Presiden terpilih.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Ma'ruf Amin saat mengucapkan sumpahnya.

Bambang Soesatyo mengatakan, dengan selesainya pengucapan sumpah, maka Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah sah menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

"Dengan demikian sekarang ini kita mempunyai Presiden baru yakni bapak Joko Widodo dan bapak Ma'ruf Amin untuk periode 2019-2024," tegas Bamsoet.

Sebelumnya, saat kedatangan, Joko Widodo tidak hanya bersamaan dengan Ma'ruf Amin saja, tetapi juga bersama Jusuf Kalla.

Hadir dalam pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin diantaranya Megawati Soekarno Putri Presiden RI kelima, Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI keenam, Hamzah Haz Wapres kesembilan, Budhiono Wapres ke-11, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno mantan Capres-Cawapres 2019.

Prabowo-Sandi datang ke acara paripurna pelantikan ini secara bersamaaan.(faz/tin/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.