POLITIK

Besok, Jokowi Presiden akan Mengenalkan Calon Menteri kepada Publik

Laporan Farid Kusuma | Minggu, 20 Oktober 2019 | 19:10 WIB
Joko Widodo Presiden memberikan keterangan usai mengucapkan sumpah jabatan Presiden periode 2019-2024, Minggu (20/10/2019), di Istana Kepresidenan Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, mulai hari ini, Minggu (20/10/2019), resmi menjabat Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Prosesi pengucapan sumpah jabatan Presiden dan Wakil Presiden dalam forum Sidang Paripurna MPR RI, berlangsung lancar dan khidmat.

Setibanya di Istana Kepresidenan Jakarta dari Gedung DPR/MPR RI, sekitar pukul 18.00 WIB, Jokowi berterima kasih kepada tamu-tamu negara yang sudah menghadiri acara pelantikan.

Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI dan Polri yang menjaga keamanan dan kelancaran seluruh rangkaian acara pelantikan.


Rencananya, malam ini, Jokowi Presiden bertemu dengan sejumlah pimpinan/utusan pemerintah negara-negara sahabat, dan relawan pendukung Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019.

Sebelum masuk ke Istana Merdeka, Jokowi mengatakan, proses penyusunan menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin sudah selesai.

Kalau tidak ada halangan, lanjut Jokowi besok, Senin (21/10/2019), Presiden dan Wakil Presiden akan memperkenalkan para calon menteri kepada publik.

Sesudah dikenalkan kepada publik, para calon menteri terpilih akan dilantik supaya bisa langsung bekerja. Tapi, Presiden menyebut, pelantikan bisa dilaksanakan hari Senin, Selasa, atau Rabu pekan depan.

"Besok kami akan kenalkan dulu, menteri-menteri yang telah kami pilih, kita kenalkan. Setelah dikenalkan, tentu saja akan segera dilantik. Pagi akan kami kenalkan, baru setelah itu dilantik. Bisa jadi hari Senin, Selasa, atau hari Rabu," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta.

Sebelumnya, sejumlah nama dari kalangan akademisi, teknokrat, profesional, politisi, dan relawan masuk daftar perkiraan calon pembantu presiden dan wapres masa bhakti lima tahun ke depan.

Bahkan, bukan rahasia kalau hampir semua partai politik peserta Pemilu 2019 menyodorkan nama-nama kadernya untuk mengisi posisi menteri pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. (rid/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.