POLITIK

23 Calon Menteri Memenuhi Undangan Seleksi Hari Kedua di Istana Presiden

Laporan Farid Kusuma | Selasa, 22 Oktober 2019 | 20:09 WIB
Siti Nurbaya Bakar politisi Partai Nasdem memenuhi undangan seleksi calon menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Joko Widodo Presiden, hari ini, Selasa (22/10/2019), melanjutkan agenda wawancara sejumlah calon menteri untuk membantu menjalankan roda pemerintahan lima tahun ke depan.

Di hari kedua proses seleksi calon menteri, tercatat sebanyak 23 orang calon menteri berlatar politisi, teknokrat dan profesional, mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta, dari pagi sampai petang hari ini.

Pantauan di lokasi, Sri Mulyani Indrawati ahli ekonomi yang periode lalu menjabat Menteri Keuangan, datang pertama sekitar pukul 09.00 WIB. Diikuti Syahrul Yasin Limpo politisi Partai NasDem mantan Gubernur Sulawesi Selatan, dan Agus Gumiwang Kartasasmita politisi Partai Golkar yang pada sisa waktu pemerintahan periode 2014-2019 menjabat Menteri Sosial.

Kemudian, ada Juliari Batubara Anggota DPR RI PDI Perjuangan dapil Jawa Tengah I, Siti Nurbaya Bakar politisi Partai NasDem yang periode lalu menjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Suharso Monoarfa Plt Ketua Umum PPP.


Menjelang siang, datang Basuki Hadimuljono teknokrat yang periode lalu menjabat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Lalu, Jenderal TNI (purn) Fachrul Razi Ketua Tim Bravo 5 relawan purnawirawan TNI pendukung Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019, Ida Fauziyah politisi PKB, dan Bahlil Lahadalia pengusaha asal Papua mantan Ketua Umum HIPMI.

Selepas jam makan siang, hadir Zainuddin Amali politisi Partai Golkar mantan Ketua Komisi II DPR RI, Abdul Halim Iskandar politisi PKB mantan Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, dan Yasonna Laoly Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan.

Berikutnya, hadir Budi Karya Sumadi teknokrat yang periode lalu menjabat Menteri Perhubungan, Sofyan Djalil mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Jenderal TNI (purn) Moeldoko mantan Panglima TNI, dan Tjahjo Kumolo politisi senior PDI Perjuangan.

Sore harinya, datang Bambang Soemantri Brodjonegoro ahli ekonomi dan perencanaan pembangunan, Jhonny G Plate Anggota DPR RI Partai NasDem, Agus Suparmanto politisi PKB, dan Teten Masduki mantan aktivis antikorupsi yang periode lalu pernah menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

Begitu hari sudah petang, datang Dokter Terawan Agus Putranto Kepala RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, dan Luhut Binsar Panjaitan politisi senior Partai Golkar yang periode lalu menduduki sejumlah kursi menteri, antara lain Menko Polhukam dan Menko Kemaritiman.

Dari 23 nama tersebut, baru Sri Mulyani yang menyatakan tetap menjadi Menteri Keuangan, dan Budi Karya Sumadi yang akan tetap mengisi posisi Menteri Perhubung

Kalau dijumlahkan dengan proses seleksi hari pertama, sampai pukul 19.00 WIB hari ini, total ada 33 orang yang bakal menjadi menteri/pejabat setingkat menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Rencananya, besok, Rabu (23/10/2019), Presiden dan Wakil Presiden akan mengumumkan nama-nama menteri, kemudian melantik di Istana Kepresidenan Jakarta. (rid/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.