POLITIK

Hari Ini, Presiden akan Melantik Menteri Kabinet Pemerintahan 2019-2024

Laporan Farid Kusuma | Rabu, 23 Oktober 2019 | 08:04 WIB
Dekorasi di pintu masuk Istana Presiden jelang pelantikan menteri, Rabu (23/10/2019) Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Joko Widodo Presiden bersama Ma'ruf Amin Wakil Presiden, hari ini, Rabu (23/10/2019), akan mengumumkan kepada publik nama-nama yang terpilih menjadi menteri untuk masa kerja lima tahun ke depan, di Istana Kepresidenan Jakarta.

Sehari sesudah resmi menjabat sebagai Presiden RI periode 2019-2024, Jokowi memanggil dan mewawancarai sejumlah calon menteri berlatar politisi, teknokrat, birokrat, akademisi, dan kalangan profesional.

Selama dua hari pelaksanaan proses seleksi, tercatat ada 34 orang yang datang dan berdiskusi dengan Presiden.

Dari 34 orang itu, Fadjroel Rachman sudah lebih dulu mendapat kepastian jabatan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi dengan tugas utama Juru Bicara Presiden.


Kemudian, dari 33 orang calon menteri, baru lima orang yang menyebut dengan jelas kementerian yang akan dipimpin, yaitu Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan), Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan), Siti Nurbaya Bakar (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), dan Dokter Terawan Agus Putranto (Menteri Kesehatan).

Begitu juga Sofyan Djalil yang bilang masih dipercaya untuk melanjutkan tugas Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Sedangkan Luhut Binsar Panjaitan memberi isyarat bakal melanjutkan tugas sebagai Menteri Koordinator bidang Kemaritiman yang digabung dengan urusan investasi.


Tenda terpasang di halaman Istana Negara Jakarta, jelang pelantikan menteri kabinet pemerintahan 2019-2024, Rabu (23/10/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net

Yang menyita perhatian jelang pengumuman menteri kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra rival Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019, juga mendapat jatah.

Usai bertemu Jokowi Presiden pada hari pertama proses seleksi, Prabowo cuma bilang akan mendapat peran di bidang pertahanan.

Sementara itu, calon menteri lainnya seperti Mahfud Md, Nadiem Makarim, dan Syahrul Yasin Limpo, cuma bisa memberikan gambaran terkait tugas-tugas yang akan dilakoni kalau benar terpilih sebagai pembantu presiden.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, dari kemarin ada tenda berukuran sekitar 15x5 meter yang dihias dekorasi kain warna merah dan putih, di halaman sisi utara Istana Negara, lengkap dengan tempat duduknya.

Tenda itu disiapkan untuk anggota keluarga dan asisten menteri yang akan dilantik nanti siang.

Sedangkan di area menuju dalam Istana Presiden, tidak ada dekorasi/hiasan baru yang terpasang untuk menyambut para calon menteri.

Sekitar pukul 06.30 WIB, hampir semua calon menteri berada di lokasi acara. Lalu, pukul 07.00 WIB, mereka dipersilakan masuk ke dalam Istana Presiden.

Sebelumnya, hari Senin (21/10/2019), ada puluhan kemeja lengan panjang warna putih yang dibawa masuk ke dalam Istana Presiden.

Menurut Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Kepresidenan, sebanyak 34 kemeja putih tersebut nantinya dipakai oleh para calon menteri terpilih.

Rencananya, Jokowi Presiden akan mengumumkan nama-nama menterinya pukul 08.30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelantikan, pukul 10.30 WIB, di Beranda Istana Merdeka. (rid/iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.