POLITIK

Jokowi Presiden Menerima 14 Surat Tugas Duta Besar Negara Sahabat

Laporan Farid Kusuma | Rabu, 20 November 2019 | 11:18 WIB
Joko Widodo Presiden menerima 14 surat kepercayaan dari duta besar negara sahabat yang akan mulai bertugas, dalam acara kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Rabu (20/11/2019), menerima 14 Surat Kepercayaan dari duta besar negara sahabat yang akan bertugas mewakili pemerintahnya.

Penyerahan surat tugas duta besar baik yang berkedudukan di dalam (designate resident) maupun luar Indonesia (designate non resident), dimulai dengan prosesi penyambutan di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta.

Satu per satu lagu kebangsaan negara sahabat dimainkan secara bergantian oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Usai prosesi penyambutan, para duta besar menuju ruang tunggu Istana Merdeka, menandatangani buku tamu, lalu ke ruang kredensial untuk menyerahkan surat tugas kepada Jokowi Presiden yang didampingi Retno Marsudi Menteri Luar Negeri dan Pratikno Menteri Sekretaris Negara.


Duta besar negara sahabat yang berkedudukan di Indonesia, adalah Gustavo Arturo Torres Duta Besar Republik Argentina, Sophia Nyamudeza Duta Besar Republik Zimbabwe, Mohammad Khos Heikal Azad Duta Besar Republik Islam Iran, dan Lambertus Christiaan Grijns Duta Besar Kerajaan Belanda.

Kemudian, Vincent Piket Duta Besar Uni Eropa, Olivier Chambard Duta Besar Republik Perancis, Jalal Mirzayev Duta Besar Republik Azerbaijan, dan Apostolos Baltas Duta Besar Republik Yunani.

Selanjutnya, Phomma Sidsena Duta Besar Republik Demokratik Rakyat Laos, dan Cameron MacKay Duta Besar Kanada.

Sementara itu, duta besar negara sahabat yang berkedudukan di luar Indonesia adalah Ernest Mbaimba Ndomahina Duta Besar Republik Sierra Leone, dan Udaya Raj Pandey Duta Besar Republik Demokratik Federal Nepal.

Kemudian, Leko Ado Duta Besar Republik Niger, dan Darko Pajovic Duta Besar Montenegro untuk Indonesia yang berkedudukan di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok.

Sesudah prosesi serah terima surat tugas, masing-masing duta besar mendapat kesempatan berbincang dengan Jokowi Presiden di teras belakang Istana Merdeka, atau dikenal dengan istilah Veranda Talk.

Veranda Talk merupakan simbol sikap terbuka Pemerintah Indonesia yang ingin menjalin kerja sama dengan negara-negara sahabat. (rid/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.